Cara Mengatasi HP Android Lambat Alias Lemot

Cara Mengatasi HP Android Lambat Alias Lemot – cara mengatasinya sebenarnya tidaklah sulit, cukup beberapa langkah saja pasti HP Android Anda tidak lagi Lambat Alias Lemot. Lemot itu disebabkan banyak faktor yang sering terjadi itu karena banyaknya aplikasi yang di Instal dengan tidak melihat kapasitas memori HP Android-nya. Setidaknya Anda harus tahu memori yang disematkan pada Gadget Android Anda, baik itu memori internal maupun Random Acces Momory (RAM).

Cara Mengatasi HP Android Lambat Alias Lemot

Cara Mengatasi HP Android Lambat Alias Lemot

Akibat dari lemot, itu juga akan mengakibatkan baterai HP cepat habis, selain itu HP akan terasa panas. HP lemot itu juga bisa di akibatkan Sistem operasinya yang perlu di perbarui dan juga aplikasi yang ada.

Penyebab HP Android Lambat Alias Lemot

Sebelum kita membahas caranya agar HP Android tidak lambat atau lemot, sebaiknya Anda juga harus tahu apa penyebabnya yang menjadikan HP Android itu menjadi lambat dan berikut informasinya

  1. Internal memory dan RAM (Random Acces Momory) : tidak semua HP Android memiliki Internal memory dan RAM (Random Acces Momory) yang besar, semakin besar Internal memory dan RAM (Random Acces Momory) maka semakin besar kemungkinan HP Android Anda memiliki performa kerja yang stabil tanpa lambat. Dan sebalikanya bila Internal memory dan RAM (Random Acces Momory) kecil maka lambat laun performa HP pasti akan lambat atau lemot, mengikuti apa yang Anda isi di memory tersebut. Namun biasanya HP dengan Internal memory dan RAM (Random Acces Momory) besar, harganya juga makin mahal.
  2. Sistem Operasi yang tidak di Update : banya versi yang dimiliki Android ada Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sendwich, Jelly Bean, KitKat dan Versi yang terbaru saat ini adalah Android Lollipop. Disetiap Android tersebut memiliki versi masing-masing dan bila HP Android Anda menggunakan Android Lollipop maka Anda harus cek apa sudah menggunakan Android Lollipop versi terbaru. Untuk mengecek caranya adalah “Setting / Setelan >> About / Tentang Ponsel >> Android Version / Versi Android” apabila tersedia versi Android terbaru silakan di update. Dengan tidak meng-Update Sistem Operasi, ini juga bisa mempengaruhi kenerja pada Gadget atau HP Anda.
  3. Memory External : berapapun memori yang Anda pasang di HP itu bukanlah masalah asal sesuai dengan kemampuan makasimal yang diberikan oleh pabrik. Namun yang bisa mempengarui performa kerja HP adalah dari kualitas Memori tersebut, apa menurut Anda sudah bagus dan jangan asal membeli memory, jangan terlena akan murah kapasitas besar padahal kualitas memori jelek alias buruk. Belilah memori dengan merk terkenal dan jangan perpengaruh dengan iming – iming dari merk – merk baru yang menawarkan lebih dari umumnya, cari informasi akan kualitasnya dulu Gays. Selain itu memori juga memiliki Class, dimana ini menentukan kecepatan dalam membaca. Semakin tinggi Class dari memory maka semakin baik untuk kinerja Gadget Anda. Dan sebaliknya bila Anda membeli memori dengan class rendah maka gadget akan lambat dalam membaca memori. Biasanya memori dengan class tinggi memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari class yang lebih rendah. Class yang tertinggi saat ini adalah class 10 dan yang biasa dijual murah adalah class 2, class 4 dan seterusnya. Jadi Gays, agar performa kerja HP tidak lambat maka belilah memori dengan class tinggi (class 10).
  4. Banyaknya aplikasi yang di Instal : jangan salah, semakin banyak aplikasi yang di Instal itu sangat mempengarui kecepatan HP Android Anda. Kenapa seperti itu, karena aplikasi memiliki kapasitas memori dan pastinya akan di pindah ke memori HP Anda, kalau banyak aplikasi yang Anda Instal maka memori HP Anda akan berkurang dan akan mempengarui kinerja. Selain itu dengan seringnya Anda berkunjung ke Google Play Store / Amazon Apps / semacam maka banyak kemungkinan HP Anda dimasuki malware maupun Virus jahat yang bisa merusak sistem yang mengakibatkan sistem tidak lagi normal dan hal terburuk HP lemot.

Cara Mengatasi HP Android Lambat Alias Lemot

Kalau Anda sudah tahu penyebab terjadinya HP menjadi lemot, maka berikut cara mengatasi HP Android Lambat Alias Lemot. Banyak cara yang harus Anda lakukan dan mungkin salah satunya akan membuat kinerja HP menjadi cepat seperti masih baru beli.

  1. Hapus Widget pada Home Screen : kurangi Widget pada layar utama, pasang Widget penting atau yang sering digunakan saja. Meskipun ini sepele ini juga bisa mempengarui kinerja HP.
  2. Pakai aplikasi Anti Virus : gunakan aplikasi Antivirus untuk menghindari masuknya virus jahat. Namun gunakanlah 1 aplikasi saja, karena kalau lebih dari 1, akan membuat berkurangnya RAM makin besar.
  3. Wallpaper : jangan menggunakan wallpaper bergerak seperti Giff dan jangan mengaktifkan live Wallpaper, karena ini juga salah satu membuat HP menjadi lemot. Selain itu juga membuat baterai HP Anda cepat habis serta gampang panas.
  4. Atur Sinkronisasi : batasi gerak internet Anda agar tidak membuat berat HP.
  5. Kurangi Aplikasi tidak penting : Hindari menginstal aplikasi yang tidak penting, semakin banyak aplikasi maka semakin banyak kebutuhan RAM yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan aplikasi yang sudah Anda instal.
  6. Bloatware atau Freeze : ini hanya untuk HP Android yang di Root. Instal aplikasi link2SD karena aplikasi ini memiliki fitur Freeze.
  7. Instal Aplikasi Clean Master : lakukan dengan rutin untuk menghapus cookies dan juga cache setiap Anda selesai menggunakan internet. Aplikasi ini juga mampu menghapus forder – folder kosong yang dibuat otomatis oleh aplikasi yang telah Anda instal. Mungkin saat ini tidak hanya “Clean Master” saja ada banya aplikasi yang bertujuan sama seperti “Clean Master” pilih yang mudah dan sesuai untuk Anda gunakan.
  8. Aktifkan Auto Kill : ini adalah lanjutan no 7, dimana setingan ini mampu mematikan paksa aplikasi yang dianggap mengambil RAM yang berlebihan.
  9. Mematikan HP saat Mengecas : hal ini bertujuan untuk menjaga sensitifitas dari layar touch Screen agar terjaga dari eror. Selain itu ini juga menjadikan baterai Anda menjadi awat seperti artikel ini “cara benar dalam mengecas HP”.
  10. Gunakan aplikasi berbayar : mungkin ini yang berat untuk dilakukan, padahal aplikasi berbayar sangatlah baik dan aman untuk HP Android. Sedangkan aplikasi gratis hanya akan menjadikan bahaya untuk HP, namun tidak semua aplikasi gratis berbahaya, masih banyak juga aplikasi gratis yang sangat membantu.
  11. Greenify :aplikasi ini gratis yang bertujuan untuk menghibernasi atau mematikan aplikasi yang berjalan di bankground.

Nah kawan, itulah Cara Mengatasi HP Android Lambat Alias Lemot dan semoga Artikel ini bisa membantu Anda dalam mengatasi HP / smartphone / Ponsel / Tablet Anda yang lagi dilanda masalah karena lemot. Semoga cara di atas menjadikan HP Anda tidak lambat lagi dan bisa menjadikan performa kerja HP lebih cepat layaknya baru lagi.

tags: ,