6 Kesalahan Dalam Mengecas HP Yang Berakibat Baterai Cepat Rusak Atau Drop

Sepertinya sudah lama kami tidak memberikan Tips dan saran agar smartphone atau ponsel milik Anda tetap awet dan berperforma layaknya masih baru. Jadi untuk kali ini Gays, kami akan memberikan sedikit informasi dan pengalaman dari Team mengenai baterai (penyimpanan listrik) dengan judul 6 Kesalahan Dalam Mengecas HP Yang Berakibat Baterai Cepat Rusak Atau Drop.

6 Kesalahan Dalam Mengecas HP Yang Berakibat Baterai Cepat Rusak Atau Drop

Gays Baterai adalah benda yang sangat penting dalam sebuah Ponsel atau HP, tanpa ini HP tidak akan berjalan atau menyala. Jadi baterai merupakan benda yang harus ada pada smartphone, oleh sebab itu sangat disarankan Anda merawat serta menjaga kondisi baterai agar tetap berfungsi sebagai mana mestinya.

Sekarang banyak HP yang menanamkan baterai permanen, beda dengan zaman dulu, baterai bisa dilepas dan diganti sesuka. Kalau HP sekarang, baterai sudah kompetible dengan HP, kalau saja sampai rusak, hanya orang-orang tertentu yang bisa ganti, itupun Anda perlu biaya cukup mahal untuk melakukan proses penggantian baterai ini.

Untuk menjaga baterai tetap fit ada banyak cara dan bisa cek disini Cara Benar Dalam Mengecas HP. Padahal diinternet banyak sekali informasi bermafaat dalam merawat baterai HP tapi selalu ada aja yang mencoba untuk tetap melakukan kesalahan Dan ini 6 kesalahan Dalam Mengecas HP Yang Berakibat Baterai Cepat Rusak Atau Drop

  1. Mengecas HP Saat Ponsel Panas

Hal ini cenderung di lalukan, biasanya setelah di gunakan untuk game ataupun untuk internetan. Pada saat itu kita menyadari bahwa baterai akan habis, kemudian di Cas dan masih di gunakan untuk game atau internetan.

Sebenarnya hal ini sangat tidak dianjurkan, itu akan mempengaruhi umur dari baterai ponsel dan efek terburuk adalah drop bahkan bisa saja rusak. Sebaiknya hal ini jangan dilakukan, yang paling baik kalau seperti itu adalah matikan dahulu ponsel nya, diamkan beberapa saat mungkin 5 menit, lalu baru bisa di cas dengan keadaan ponsel mati dan bisa dinyalakan lagi saat baterai sudah penuh dan charger dicabut.

  1. Di Gunakan Saat di Cas

Kalau anda memaksa digunakan saat baterai di cas, itu akan membuat baterai kerja extra dan pastinya baterai akan panas disuhu tidak wajar. Hal ini tentu akan membuat umur baterai berkurang bahkan bisa menjadi drop.

Sebaiknya jangan digunakan dulu kalau masih dalam proses pengecasan agar baterai kita terjaga dan bisa awet. Sama seperti penjelasan no 1 tetap dalam kondisi mati kalau proses cas masih dilakukan, baru dinyalakan kalau sudah penuh.

  1. Menggunakan Charger Dan Kabel bukan Bawaan

Memang hal ini sepele, namun ini juga penting, mengecas dengan charger bukan bawaan atau charger yang bukan bawaan HP. Kalau mengisi baterai HP dengan charger bawaan pasti sudah sesuai dengan yang di butuhkan HP, baik itu arus volt, Ampere atau yang lain.

Ada beberapa charger HP yang berbeda kapasitasnya. Jadi usahakan mengecas HP dengan charger bawaan HP, agar kondisi baterai tetap terjaga dengan semestinya.

  1. Mengecas Dengan Power Bank

Ini memang diperlukan, apalagi waktu dalam perjalanan tapi hal ini jangan dijadikan kebiasaan setiap hari. Mengecas dengan power bank tidak masalah tapi jangan dilakukan kalau disekitar Anda terdapat listrik untuk di tancapin charger.

Fungsi dari power bank adalah untuk hal urgent atau darurat saja disaat anda benar-benar tidak bisa melakukan cas dengan charger. Power bank tidak bisa menjamin 100 % arus yang dihasilkan sesuai dengan yang dibutuhkan HP, apalagi power bank yang Anda beli power bank murah. Arus atau tegangan yang tidak sesuai akan membuat umur baterai berkurang dan bisa cepat rusak.

  1. Lupa Mencabut Kabel Charger

Mungkin ini adalah hal yang sangat sering kita lakukan, mengecas tapi lupa tidak kita cabut saat baterai sudah penuh. Kebiasaan mengecas lalu tidur adalah kebiasaan yang sering terjadi, pasti kita semua sering melakukan ini di waktu malam hari menjelang kita tidur. Ini adalah kebiasaan buruk yang akan menjadikan baterai kita tidak performa lagi dan menjadi drop.

  1. Tidak Di Cas Sampai HP Mati

Lupa tidak mengecas adalah hal yang tidak diperkenankan, apalagi baterai benar-benar habis sampai 0% atau tidak bisa menyala lagi. Agar baterai tahan lama, jangan biarkan HP kehilangan energinya hingga mati total. Jadi biasakan mengecas kalau kondisi baterai akan habis (5-10%), jikalau masih tidak sempat mengecas, sebaiknya HP dimatikan saja hingga sudah di cas.

Tentu tidak hanya itu saja yang bisa mempengaruhi umur dari Baterai, pastinya masih ada beberapa lagi yang mungkin belum kami ketahui. Selain 6 kesalahan diatas, Anda juga bisa baca artikel berikut agar baterai HP Anda tetap awet Cara Benar Dalam Mengecas HP.

Terima kasih Gays sudah disempatkan membaca tips dari kami, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan pada Ponsel Anda. Temukan informasi yang lain, baik itu harga HP Samsung, harga HP Xiaomi, harga HP Vivo, harga HP Sony, harga HP Invinix, harga HP Oppo, harga HP LG, harga HP Wiko, harga HP Lenovo dan harga HP lainnya, selain harga HP, Spesifikasi HP juga bisa Anda dapatkan disini.

tags: ,